Review Realme 9i : Ngga Bakalan Nyesel Memilikinya

Review Realme 9i

Meskipun smartphone ini belum dibekali teknologi 5G tetapi jaringan ini masih sangat-sangat terbatas jangkuannya. Jadi untuk saat ini, kami lebih memilih Realme 9i ini sebagai bahan ulasan kami. Selain harganya yang lebih murah juga sih.

Realme 9i ini dipasarkan dengan harga bervariasi tergantung varian RAM dan ROM, untuk di indonesia varian RAM 4GB/64GB dijual seharga 2, 49 juta dan varian 6GB/128 GB seharga 2,9 juta.

Meskipun lebih murah daripada Realme 9i Pro, apakah perangkat ini sebenarnya pilihan yang bagus? Silahkan simak ulasan kami tentang Realme 9i ini.

Spesifikasi Umum Realme 9i

ProsesorProsesor Qualcomm Snapdragon 680

CPU: Octa-core, 6nm, hingga 2.4GHz

GPU: Adreno 610

Penyimpanan & RAMRAM: 4GB/6GB LPDDR4X

ROM: 64GB/128GB UFS 2.1

Memori Eksternal hingga 1TB

Display90Hz Ultra Smooth Display

5-Level Fresh Rates

5-level fresh rates: 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz

Resolusi: FHD+

Rasio Layar : 90.8%

Touch sampling rate: 180Hz

Kecerahan: 480nits(Typ)

PPI: 401

Kamera50MP AI Triple Kamera

50MP Primary Kamera

Bukaan f/1.8

Lensa 5P

PDAF

2MP Lensa Macro

Bukaan f/2.4

4cm shooting distance

2MP Lensa B&W

Bukaan f/2.4

Perekaman Video

Mendukung perekaman video 1080P/30fps

Mendukung perekaman video 720P/30fps

Mendukung 720p / 120fps slow motion

Mendukung 1080P/30fps, 720P/30fps Digital Zoom mode

Photography function

50MP Mode, Night Mode, Panoramic view, Expert, Timelapse, Portrait Mode, Slow Motion, Super Text, Ultra macro, HDR

16MP In-display Selfie

Bukaan f/2.1

Lensa 5P

Photography function

Night Mode, Panoramic view, Timelapse, Portrait Mode, AI Beauty

Perekaman Video

Mendukung perekaman video 1080P/30fps

Mendukung perekaman video 720P/30fps

Pengisian Daya & Baterai33W Dart Charge

5000mAh(Typ) Massive Battery

4880mAh(min) Kapasitas Baterai

Termasuk Adaptor Pengisian 33W

Seluler & Wireless2 Slot Kartu Nano + 1 Micro SD

GSM: 850/900/1800/1900MHz

WCDMA: Bands 1/5/8

FDD-LTE: Bands 1/3/5/7/8/20/28

TDD-LTE: Bands 38/40/41(2496-2690MHz)

Wireless :

2.4/5GHz

Bluetooth 5.0

Ukuran dan BeratPanjang: 164.4mm

Lebar: 75.7mm

Ketebalan ≈ 8.4mm

Berat ≈ 190g

*Data disediakan oleh realme Lab. Karena metode pengukuran yang berbeda, data aktual mungkin memiliki rentang toleransi yang wajar.

SensorUltra-fast sensor sidik jari samping layar

Sensor cahaya

Sensor jarak

Sensor induksi magnetik

Sensor akselerasi

NavigasiGPS/GLONASS/ BEIDOU/GALILEO
Tombol & PortUSB Tipe-C

Slot 3 Kartu

Tombol power

Dual Speakers

Dual Microphones

Volume up/down

Sistem Operasirealme UI 2.0

Berbasis Android 11

Packing Listrealme 9i

Kabel USB Tipe-C

Adaptor Pengisian 33W

Jarum Kartu SIM

Film Pelindung Layar

Case Pelindung

Panduan Cepat

Informasi Produk Penting (termasuk Kartu Garansi)

Ulasan Lengkap Smartphone Realme 9i

Realme 9i

Perangkat Keras dan Kinerja

Realme 9i hadir dengan prosesor octa-core 2.4GHz Qualcomm Snapdragon 680, yang mulai tersemat di banyak ponsel kelas menengah saat ini. Selain itu, dipasangkan dengan GPU Adreno 610, penyimpanan 128GB, dan RAM 6GB dengan tambahan 5GB opsional melalui Dynamic RAM Expansion yang mengambil ruang dari penyimpanan internal.

Chipnya memang modern, tetapi tidak memiliki konektivitas 5G. Kelemahan besar, tapi setidaknya memberikan kinerja yang layak dalam tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Bisa kita katakan, Realme 9i dapat melakukan tugas harian seperti panggilan video, pengiriman pesan, mengambil gambar, menjelajah melalui feed media sosial, dan banyak lagi.

Bermain game cukup baik di Realme 9i seperti Call of Duty Mobile, di bawah pengaturan sedang, dapat dimainkan dengan frame rate yang layak tanpa terasa adanya lag ataupun frame drop. Overheating juga tidak menjadi masalah.

Selain itu, berkat pengaturan stereo, kamu benar-benar dapat mendengar dari mana langkah kaki berasal bahkan tanpa headphone, memberi kamu keunggulan kompetitif.

Desain dan Kualitas Body

Langsung saja, kita dapat dengan aman mengatakan bahwa Realme 9i adalah smartphone yang dirancang dengan baik. Sama seperti saudaranya, Realme berhasil menghadirkan desain yang menyegarkan mata.

Adanya garis vertikal halus membuatnya tampak bersinar lebih baik dalam cahaya. Menurut Realme, ia memiliki proses pelapisan optik 8 lapis untuk efek yang mempesona.

Ponsel ini memberikan desain yang bersih namun menarik. Meskipun, panel belakang masih plastik dan rawan noda sidik jari. Tetap saja, terlihat sangat elegan, terutama dalam warna Prism Blue yang kami ulas ini. Pilihan Prism Black juga tersedia untuk tampilan yang lebih mantap.

Tetapi seperti kebanyakan ponsel murah dan penuh fitur, Realme 9i terasa besar saat dalam genggaman tangan. Karena baterainya yang besar, perangkat ini memiliki ketebalan 8.4mm dan berat 190g. Butuh waktu agar terbiasa dengan ukurannya, tetapi kamu akan merasakan pegel setelah beberapa menit digunakan.

Bagian atas hanya memiliki mikrofon sekunder untuk isolasi kebisingan selama panggilan, sedangkan di bagian bawah, terdapat port USB Type-C, jack headphone 3.5mm, satu-satunya speaker utama untuk pengaturan stereo, dan jack headphone 3.5mm.

Di sebelah kiri, tersedia slot SIM yang dapat menampung dua kartu nano-SIM dan kartu microSD sekaligus.

Di bawahnya ada dua tombol terpisah untuk kontrol volume, sedangkan di sebelah kanan hanya memiliki tombol daya datar yang berfungsi ganda sebagai pemindai sidik jari.

Karena datar, mungkin sebagian orang akan merasa kurang nyaman saat ditekan dan terkadang sulit untuk mengetahui apakah sudah menekannya dengan benar. Sementara itu, tombol volume terasa cukup taktil, tetapi kami berharap itu sedikit lebih besar.

Ada tempat kamera di kiri atas bagian belakang body. Terlihat menghasilkan tonjolan kamera namun dapat diterima. Dua lensa besar merupakan kamera utama dan, sayangnya, hanya lensa makro. Sensor kedalaman berada di belakang kaca yang lebih kecil.

Secara garis besar, ini mungkin bukan smartphone paling ramping, tetapi Realme 9i benar-benar cantik, terutama dari segi harganya.

Konektivitas

Salah satu kelemahan besar dari Realme 9i adalah kurangnya konektivitas 5G di mana ini fitur yang sudah dimiliki oleh banyak pesaingnya, bahkan lebih murah.

Hal lainnya yang membuat ponsel ini terlihat cukup modern, salah satunya memiliki WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, dan USB Type-C untuk pengisian daya dan data. Bahkan memiliki NFC untuk pembayaran tanpa uang tunai dan untuk memasangkan aksesori nirkabel.

Tampilan dan Kualitas Suara OK

Layar Realme 9i

Realme 9i hadir dengan layar besar FHD+ IPS 6,6 inci dengan resolusi 2412 x 1080 piksel, 401ppi, dan tentu saja, kecepatan refresh 90Hz dan pengambilan sampel sentuh 180Hz untuk meningkatkan responsivitas, terutama pada saat bermain game.

Kualitas tampilan baik-baik saja. Bukan bintang, tetapi lebih dari cukup untuk perangkat anggaran. Ukuran dan ketajaman memberi kamu cukup ruang untuk multitasking dan membaca teks kecil. Plus, ruang yang layak untuk kontrol di layar saat bermain game.

Kualitas warna yang dihasilkan cukup baik untuk menonton film di Netflix atau video favorit di YouTube.

Speaker Stereo Realme 9i

Untuk pengalaman bermain dan menonton terbaik, Realme juga cukup bermurah hati untuk menyertakan speaker stereo pada perangkat ini. Lubang suara ditingkatkan untuk menghasilkan volume yang cukup agar sesuai dengan yang di bawah.

Kualitas suaranya bagus, dengan bass yang cukup, dan treble, tetapi mid bisa lebih baik. Volume juga keras dan pemisahan stereo terdengar berkat layar besar yang menciptakan jarak yang cukup antara dua driver speaker.

Baterai dan Fast Charging

Baterai Realme 9i
Source Image by Bigcartel

Seperti kebanyakan ponsel murah, Realme 9i memiliki baterai 5.000mAh yang diklaim mampu layar-on selama 20 jam dan 46 menit dalam tes baterai PCMark. Sebagai perbandingan, sebagian besar ponsel yang kami uji rata-rata 13 jam.

Yang menarik, ponsel ini memiliki fast charging 33W. Pengisian penuh hanya akan memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Kamera Cerah

Kamera Realme 9i

Realme 9i memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Dimulai dengan sensor 50 megapiksel ultra-tajam dengan aperture f/1.8, lensa makro 2 megapiksel dan sensor kedalaman 2 megapiksel. Sayangnya, itu tidak bisa memiliki lensa ultra-wide.

Di bagian depan, ada kamera 16 megapiksel untuk mengambil foto narsis dan untuk berpartisipasi dalam rapat kerja virtual atau kelas online.

Dalam pencahayaan yang baik, kamera utama 50 megapiksel mengambil gambar luar biasa keren dengan warna-warna cerah namun tidak terlalu jenuh. Pada malam hari, foto mungkin terlihat sedikit pudar dengan warna yang membingungkan.

Kamera makro 2 megapiksel, dengan jarak yang tepat, mengambil bidikan close-up yang bagus dari subjek yang lebih kecil. Sensor kedalaman 2 megapiksel juga melakukan pekerjaan yang baik untuk menganalisis mana yang merupakan latar depan dan latar belakang.

Selfie dari kamera utama 16 megapiksel terlihat bersih dengan ketajaman yang layak dan dapat diterima. Ponsel ini juga lebih dari cukup untuk video dan panggilan video TikTok.

Secara keseluruhan, Realme 9i memiliki dukungan kamera yang layak. Kami hanya berharap Realme membuang dua sensor 2 megapiksel sebagai pengganti lensa ultra wide yang lebih bermanfaat.

Perangkat Lunak dan Antarmuka

Tidak seperti sepupunya, Realme 9i masih dikirimkan dengan Realme UI 2.0 berbasis Android 11, bukan Realme UI 3.0 yang lebih baru berdasarkan Android 12.

Realme UI mungkin bukan antarmuka terbersih, tetapi pasti memiliki banyak fitur untuk melengkapi perangkat keras, banyak pengaturan penyesuaian, dan fitur dasar untuk pengalaman pengunaan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.