Cara Mengirim Live Photos di Facebook Messenger iOS

Cara Mengirim Live Photos Ke Messenger

Fitur Live Photos iOS menghidupkan momen tak terlupakan dengan merekam video pendek 3 detik. Live Photos merupakan fitur pada kamera yang menangkap gerakan dan suara untuk menjaga momen tetap hidup. Kamu dapat mengambil Live Photos di iPhone 6s atau yang lebih baru.

Satu-satunya kekurangannya adalah bahwa pengguna non-iPhone tidak dapat melihatnya. Pasalnya Live Photo dikirim sebagai gambar diam saat dibagikan melalui email atau media sosial.

Aplikasi WhatsApp untuk iPhone adalah pengecualian karena memungkinkan mengirim Live Photos sebagai GIF atau video. Namun, hal yang sama tidak mungkin dilakukan pada platform lain seperti Facebook, Messenger, Twitter dan Instagram.

Sebenarnya mudah untuk berbagi Live Photos di Facebook Messenger dengan cara mengubahnya menjadi video terlebih dahulu. Ada dua cara untuk melakukan tugas ini dan kami akan membahasnya disini.

Cara Kirim Live Photos di Messenger iPhone

Ada beberapa cara berbagi Live Photos ke Facebook Messenger khususnya buat iOS 14 keatas. Dari cara-cara ini diharapkan kamu bisa memilih cara mana yang kiranya paling mudah dan efesien untuk digunakan kedepannya.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut dari M3Dcam.com tentang cara mengirim iPhone Live Photos ke FB Messenger. Diharapkan kamu dapat memilih metode mana yang dapat digunakan dengan mudah.

Sebelum mengikuti panduannya pastikan menggunakan iPhone atau iPad berbasis iOS 13 keatas.

Menggunakan Aplikasi Foto Bawaan iOS

Live Photos iPhone
Sejak diperkenalkannya iOS 13, Apple telah menambahkan opsi baru pada aplikasi Foto untuk Simpan sebagai Video.

Fitur praktis ini memungkinkan pengguna untuk mengubah Live Photos menjadi video hanya dalam satu klik saja dan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain video, ini juga menyimpan audio.

  1. Buka Live Photos di aplikasi Foto. Tap Album > Live Photos (di bawah Jenis Media) untuk menemukan semuanya dengan mudah.
  2. Ketuk tombol Bagikan bagian kiri bawah.
  3. Gulir ke bawah dan ketuk ” Simpan sebagai Video ” di lembar Bagikan.
  4. Video yang dikonversi akan muncul di album Terbaru dan Video.
  5. Buka video, ketuk Bagikan dan pilih Messenger dari daftar aplikasi. Atau, dapat mengirim video ke siapa saja dari dalam aplikasi Messenger.

Live Photos menggunakan efek seperti Loop dan Bounce tidak menyimpan suara dan nantinya videonya akan bisu terkecuali kamu hapus efeknya. Selain itu, opsi Simpan sebagai Video tidak terlihat untuk Live Photos saat diedit dengan efek seperti ini.

Menggunakan Aplikasi Metafo

Metapho Live Photos
Gunakan metode ini jika ingin berbagi Live Photos menggunakan efek. Kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama MetaPho, aplikasi keren dan gratis untuk memeriksa properti foto di iPhone. Selain itu mampu menampilkan riwayat edit gambar dan memungkinkan berbagi file menjadi lebih mudah.

  1. Install aplikasi Metapho dari App Store.
  2. Buka aplikasi Foto kemudian tap Live Photos.
  3. Ketuk Bagikan selanjutnya pilih Metafo. Kemudian izinkan aplikasi mengakses foto.
  4. Metapho sekarang akan menampilkan Metadata EXIF dari foto.
  5. Ketuk Aset di bawah Informasi Video.
  6. Disitu terlihat Live Photos menggabungkan file HEIC dan MOV di mana .HEIC adalah gambar sedangkan .MOV adalah video.
  7. Pilih file .Mov lalu tap Save Video untuk menyimpannya ke Foto.

Kamu juga dapat membagikan video langsung di Messenger atau di media sosial.

Itu dia beberapa cara mengirim Live Photos ke Messenger, dimana bisa kamu praktekan di semua ponsel iPhone berbasis iOS. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.