Cara Memperbaiki Kamera Hp Yang Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kamera Hp Tidak Bisa Digunakan

Bayangkan kamera ponsel Anda berhenti bekerja atau gambarnya buram saat akan mengambil beberapa bidikan. Tentu kita akan merasa sangat kecewa. Tapi tenang saja, masalah kamera ini sudah umum dan bisa diperbaiki.

Di sini kami akan memandu Anda tentang cara memperbaiki kamera smartphone yang tidak bisa di buka, menghasilkan gambar buram, sulit fokus, dan mungkin tidak berfungsi sama sekali.

Nah, untuk yang penasaran bagaiman caranya memperbaiki kamera ponsel tidak berfungsi dan tidak fokus atau masalah lainnya, simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Fokus Kamera Hp Tidak Berfungsi dan Buram

Meskipun jarang terjadi di sebagian besar ponsel modern, masalah fokus kamera dan foto buram hanyalah beberapa masalah mengganggu yang mungkin Anda alami dengan kamera ponsel.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kamera Hp  tidak berfungsi secara normal. Ketika itu dibiarkan saja, kamera tidak akan fokus dan akan terus memburamkan gambar saat diambil.

Seharusnya Anda secepatnya mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa solusi cara memperbaiki kamera ponsel tidak berfungsi dan tidak fokus.

1. Update Ponsel

Kamera belakang mengalami error dan tidak fokus adalah masalah umum yang mengganggu beberapa pengguna iPhone dan Android. Tapi untungnya, banyak dari pengguna yang melaporkan bug tersebut dan telah diperbaiki setelah memperbarui ke OS terbaru.

Jadi, sejauh ini, tip pertama dalam mempelajari cara memperbaiki kamera ponsel tidak berfungsi atau tidak bisa fokus adalah memastikannya menjalankan software terbaru. Jika tidak yakin, kunjungi bagian System Update pada ponsel Anda untuk melakukannya.

2. Ketuk modul kamera

Jika kamera ponsel ngeblur atau berbayang, hal lain yang harus dilakukan adalah mengetuk modul kamera beberapa kali. Dalam sekuel pembaruan sistem, banyak pengguna mengatakan kamera ponsel mereka bisa normal kembali setelah mengetuk modul kamera.

Dengan mengetuk modul kamera akan memposisikan ulang lensa dan cukup mudah untuk melakukannya. Meskipun tidak menjamin itu akan memperbaiki masalah kamera ponsel, tapi patut dicoba. Berikut caranya:

  1. Tutup aplikasi Kamera lalu pegang telepon dan letakkan layar di telapak tangan Anda.
  2. Sekarang, ketuk modul kamera belakang dengan jari Anda.
  3. Ketuk sedikit keras pada modul kamera beberapa kali.

Dengan begitu lensa kamera yang bergeser akan kembali ke posisi semula.

3. Menggunakan Magnet

Jika cara di atas, belum bisa mengatasi masalah pada kamera ponsel Anda sekarang, Anda mungkin perlu mengambil langkah lebih jauh dan mencoba perbaikan yang lebih teknis.

Selain memperbarui sistem dan mengetuk modul kamera, Anda dapat menggunakan magnet untuk mengembalikan kamera ke posisinya. Bagi sebagian pengguna, cara ini cukup berhasil atasi beberapa masalah umum pada kamera.

Siapkan magnet berukuran kecil lalu pegang magnet di dekat modul kamera belakang sejenak dan lepaskan.

Itulah cara mengatasi kamera hp gagal dibuka dan foto terbalik di smartphone. Kamera ponsel akan tidak akan terbalik lagi dan mendapatkan kembali dapat digunakan seperti sedia kala.

Namun, tiga perbaikan yang disebutkan di atas mungkin tidak berfungsi, atau hanya berfungsi sebagai perbaikan sementara untuk beberapa pengguna. Jika demikian, perangkat keras kamera mungkin rusak. Dan sejauh ini, mengganti modul kamera adalah pilihan terakhir.

Membersihkan Kamera

Untuk kamera smartphone yang tidak berfungsi, biasanya karena lensanya kotor, rusak, atau posisinya berubah. Dan terkadang, itu juga bisa terjadi karena masalah perangkat lunak yang dapat diperbaiki dengan me-restart telepon atau memperbarui sistem operasi.

Jika kamera ponsel hanya mengalami masalah karena lensanya kotor. Cara cepat untuk mengetahuinya adalah ketika menghasilkan gambar/video buram atau tidak fokus pada subjek yang tepat. Jika itu saja, mungkin hanya perlu membersihkan lensa kamera.

  1. Keluar dari aplikasi Kamera
  2. Dapatkan kain lembut dan bersih (sebaiknya kain serat).
  3. Gunakan kain lembut untuk menyeka kaca kamera untuk memastikannya sudah bersih.
  4. Sekarang buka aplikasi Kamera untuk melihat apakah itu berhasil diperbaiki.

Seharusnya masalah seperti gambar buram atau ngeblur sudah bisa teratasi. Jika tidak, kami sarankan untuk mematikan perangkat dan menunggu beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali. Ini membantu sebagian besar ketika smartphone memiliki kesalahan sementara.

Jika itu masih tidak berhasil, Anda mungkin ingin melakukan reset pabrik untuk mengesampingkan kemungkinan masalah terkait perangkat lunak.

Mengganti modul kamera

Apabila fokus kamera tidak berfungsi dan tidak bisa dibuka merupakan masalah hardware yang mengharuskan penggantian modul kamera. Sebagian ini terjadi setelah menjatuhkan ponsel dan terkadang cacat pabrik. Untuk mengatasinya, perlu menemui teknisi untuk mengganti modul kamera.

Jika ponsel masih dalam garansi, Anda dapat memperbaikinya secara gratis di toko yang Anda beli Hp tersebut. Dan jika tidak, kami tetap menyarankan Anda mengunjungi service center resmi untuk memperbaikinya. Teknisi akan mengakses masalah kamera dan mencari solusi yang tepat, biasanya dengan mengganti modul kamera.

Mencoba mengganti modul kamera sendiri dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut dan hilangnya garansi, dan kami tidak merekomendasikannya sama sekali.

Kesimpulan

Hal yang menakjubkan bagaimana smartphone saat ini telah menggantikan kamera digital dan camcorder, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengambil gambar dan video di mana saja tanpa membawa peralatan segala macam.

Saya pikir itu terdengar membebaskan sampai kamera ponsel bertindak aneh atau berhenti bekerja sepenuhnya. Namun, tidak perlu khawatir, karena solusi di atas tentang cara memperbaiki kamera ponsel tidak berfungsi atau masalah hasil gambar yang buram, hijau bahkan gelap akan membantu.

Sayangnya, jika tidak ada cara lain yang berhasil adalah mengunjungi pusat layanan. Fokus kamera tidak berfungsi, tidak terhubung, atau gelap adalah sebagian besar masalah terkait perangkat keras, yang sebagian besar merupakan cacat pabrik. Tapi untungnya, itulah yang bisa diselesaikan oleh para teknisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.