Tiga Cara Screenshot Hp Xiaomi Redmi 9C MIUI 12 Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Hp Xiaomi Redmi 9C

Umumnya ponsel besutan Xiaomi menggunakan operasi sistem MIUI berbasis Android yang sarat dengan fitur, salah satunya mengambil screenshot dengan mengusap layar ponsel. Buat pengguna Redmi 9C yang belum tahu, lihat cara mengaktifkan fitur ini dan mengambil tangkapan gambar layar.

Redmi 9C sudah menggunakan OS terbaru MIUI 12 yang merupakan hasil modifikasi dari Android 10. MIUI 12 menawarkan tampilan antarmuka, animasi transisi, ikon, dan fitur lainnya yang mudah untuk digunakan.

Selain iut juga, menawarkan berbagai macam cara untuk mempermudah proses pengambilan screenshot di Redmi 9C menjadi lebih cepat. Seperti kebanyakan ponsel Xiaomi, kita bisa menggunakan kombinasi tombol fisik, swipe tiga jari dan screenshot panjang untuk mengambil gambar layar dengan cepat.

Apa Itu Screenshot?

Tangkapan layar adalah tangkapan layar dari smartphone atau perangkat lain yang diambil tanpa menggunakan kamera. Screenshot biasanya berisi gambar yang diposting oleh pihak tertentu untuk digunakan sebagai bukti otentik selain itu juga bisa disimpan atau dipublikasikan melalui berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

Mengambil screenshot di hp Xiaomi sendiri sangatlah mudah, namun masih ada saja pengguna yang kurang paham. Untuk mengambil screenshot tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, cukup gunakan fitur bawaan MIUI.

Setidaknya ada tiga cara screenshot yang paling sering digunakan. Nah, bagi masih belum bisa cara screenshot di Xiaomi Redmi 9c maupun Redmi 9 seri lainnya, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Menekan Tombol Volume Bawah dan Power

Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol perangkat keras. Sebenarnya rata-rata smartphone Android saat ini sudah menggunakan kombinasi tombol fisik power dan tombol volume bawah untuk mengambil screenshot.

Selain tidak perlu disetel, kombinasi tombol ini bisa dilakukan dengan cepat. Semua hp Xiaomi bisa mengambil screenshot seperti ini.

Pilih halaman yang ingin di screenshot lalu tekan tombol fisik Volume Bawah dan Daya secara bersama-sama.

Setelah melihat layar berkedip dan mendengar suara kamera, berarti screenshot telah berhasil dibuat. Silahkan lihat hasil screenshot di aplikasi Galeri MIUI Hp Xiaomi.

SWipe 3 Jari Dari Atas Ke Bawah

Metode screenshot 3 jari memang khusus dihadirkan oleh Xiaomi di semua handphone mereka. Fitur ini sangat memudahkan dalam mengambil tangkapan layar karena hanya perlu swipe atau mengesek layar dengan menggunakan tiga jari saja. Pada MIUI 12 di Redmi 9C, fitur ini perlu melakukan pengaturan terlebih dulu.

  1. Buka menu Settings Hp Xiaomi.
  2. Tap Additional Settings.
  3. Berikutnya pilih opsi Button and Gesture Shortcuts.
  4. Pilih opsi Take a screenshot.
  5. Ketuk opsi Slide three fingers down.
  6. Buka halaman layar yang ingin di capture.
  7. Gerakkan 3 jari Anda bersama-sama dari atas ke bawah layar.
  8. Lalu terdengar bunyi shutter dan layar berkedip sebagai pertanda kalau screenshot berhasil dibuat.
  9. Gambar tangkapan layar akan muncul dan filenya akan tersimpan secara otomatis di GaleriAlbumScreenshot.

Setelah fitur aktif, pengguna dapat terus menggunakan metode ini untuk mengambil tangkapan layar dengan tiga jari. Jika sudah mengetahui cara ini, jelas Anda akan mulai meninggalkan penggunaan tombol konvensional.

Screenshot Panjang Redmi 9C

Selain mengambil screenshot biasa, Anda juga dapat mengambil screenshot panjang yang berguna untuk menyimpan halaman dokumen atau situs web yang panjang. Anda juga dapat mengedit dan berbagi tangkapan layar secara langsung dengan teman atau orang lain melalui media sosial, email maupun aplikasi lainnya.

  1. Buka halaman artikel yang ingin Anda screenshot panjang.
  2. Lakukan tangkapan layar menggunakan tiga jari atau Quick Settings.
  3. Sesaat kemudian akan muncul pratinjau gambar screenshot, lalu tap Gulir agar hasil screenshot bisa panjang.
  4. Lalu akan secara otomatis menggulir tampilan layar dan ketika Anda berhasil mendapatkan tangkapan layar panjang yang diinginkan, maka tinggal tap Selesai.

Bisa dibilang fitur ini sangat membantu pengguna Xiaomi yang ingin meng-capture dokumen atau website. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Doodle untuk menambahkan keterangan pada hasil gambar screenshot.

Melakukan SS di Redmi 9C sebenarnya hampir sama di beberapa tipe ponsel Xiaomi lainnya. Dari ketiga cara di atas, kamu bisa memilih mana yang paling mudah untuk berlatih mengambil screenshot.

Nah, itu dia tiga cara membuat tangkapan layar Redmi 9C yang paling mudah dan cepat. Semoga tutorial ini berguna buat semua pemilik Xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.