Cara Memindahkan Video dan Foto dari Google Photos

Cara Memindahkan Foto dari Google Photos

Google Foto adalah platform cloud untuk menyimpan file media termasuk Gambar dan Video. Layanan dari Google yang tersedia secara default di sebagian besar ponsel Android.

Untuk saat ini, pengguna Foto Google memiliki akses ke penyimpanan tak terbatas untuk menyimpan Gambar dan Video. Tetapi setelah menerapkan kebijakan baru mulai Juni 2021, kita hanya dapat menyimpan foto dan video hingga 15 GB secara gratis untuk kapasitas lebih dari itu harus bayar.

Semua Gambar dan Video berkualitas tinggi yang diupload sebelum Juni 2021 tidak akan disertakan dalam kebijakan baru. Tetapi setelah menggunakan 15GB yang diberikan, harus meningkatkan penyimpanan untuk gambar dan Video.

Sebenarnya paketnya terjangkau tetapi tetap saja lebih baik kalau gratis dan banyak pengguna mungkin berencana untuk mengalihkan foto mereka ke layanan gratis lain atau sekedarnya menyimpan di Hp atau PC.

Cara Memindahkan Foto Dari Google Photos Ke Galeri Ponsel atau PC

Setelah pengumuman kebijakan baru dari Google, sebagian besar pengguna kini mencari alternatif atau layanan tanpa biaya untuk menjaga gambar dan video mereka tetap berkualitas tinggi. Dan jika Anda beralih ke layanan penyimpanan cloud baru, Anda mungkin juga ingin memindahkan gambar dan video dari Google Foto.

Dan jika tidak tahu cara memindahkan Gambar dan Video dari Google Photos. Dengan menggunakan panduan ini, tidak perlu mengunduh gambar satu per satu. Kamu dapat mengunduh file media Google Foto sekaligus yang dapat disimpan di PC atau Hp.

Tahukah kamu kalau Google memiliki layanan bernama Takeout? Banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh atau mengekspor data dari berbagai layanan yang terkait dengan Akun Google. Selain itu juga, dapat menggunakan opsi ekspor ke layanan selain milik Google.

Layanan ini akan membuat proses ekspor dan impor file milik kita menjadi lebih mudah. Silahkan simak panduan dari M3dcam untuk cara memindahkan gambar dan video dari Google Foto.

  1. Pertama, kunjungi situs takeout.google.com. juga dapat mencari Google Takeout untuk mengunjungi situs tersebut.
  2. Kemudian masuk dengan akun Google dari mana perlu mengunduh file media Foto Google.
  3. Setelah login, di bawah Buat ekspor baru klik batalkan pilihan semua jika hanya ingin mengekspor data Foto Google. Dan kemudian pilih Google Photos dari daftar.
    Google Takeout
  4. Kemudian gulir ke yang terakhir dan di sana klik tombol Next Step .
  5. Sekarang akan berada di langkah kedua di mana harus memilih jenis file ekspor. Di sini, dapat memilih Frekuensi, Jenis File, dan Ukuran File.
  6. Kemudian klik tombol Create Export .
  7. Ini akan memakan waktu untuk membuat file ekspor dan itu akan tergantung pada ukuran file yang pilih selama langkah 6. Dalam kasus saya, butuh sekitar 1-2 menit.
  8. Setelah file ekspor selesai, akan mendapatkan email dengan tautan unduhan.
  9. Klik tombol ‘Unduh file’ lalu masukkan kata sandi akun untuk verifikasi.
  10. Ini akan mulai mengunduh file ekspor, dan jika tidak, klik tombol Download
  11. Tunggu proses pengunduhan, lalu dapat mengekstrak file ekspor di perangkat.

Sekarang semua file media dari Google Foto telah dipindahkan ke perangkat PC. Selanjutnya kamu dapat upload ke platform lain. Meskipun kamu tidak beralih dari Google Foto, Anda harus menyimpan cadangan lokal Google Foto. Sangat membantu jika lupa kata sandi.

Jadi begitulah, panduan lengkap tentang cara menyimpan Gambar dan Video dari Google Photos. Jika kamu menginginkan lebih banyak panduan yang serupa dengan yang ini atau memiliki pertanyaan, beri tahu kami di bagian komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.