7 Cara Mengatasi iPhone yang Lemot Biar Makin Kencang

Cara Mengatasi iPhone Lemot

Apa pun perangkat yang kita gunakan baik itu smartphone, tablet dan PC, semakin banyak aplikasi terinstall, semakin lemot perangkat tersebut.

Pasalnya banyak aplikasi seperti Instagram, Facebook, Telegram atau WhatsApp akan tetap aktif sepanjang waktu meskipun saat tidak menggunakannya.

Masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang berjalan di background sepanjang waktu dan ini dapat menghabiskan RAM dan menguras baterai.

Aplikasi latar belakang adalah salah satu faktor yang dapat membuat iPhone berjalan lebih lambat. Nah, langkah-langkah berikut akan membantu untuk mengatasi iPhone yang mulai lemot dengan cepat.

Tips Ampuh Mengatasi Perangkat iOS Lemot

Pastinya iPhone baru akan lebih cepat daripada yang sudah lama. Tetapi pada saat yang sama, iOS dan kebutuhan aplikasi juga meningkat. Akibatnya, iPhone mungkin menjadi lemot, terutama jika usianya sudah beberapa tahun.

Siap untuk membuat perangkat iOS lebih kencang? Panduan ini akan membantu untuk mempercepat iPhone seperti saat baru keluar dari kotaknya.

Perbarui iPhone

Perbarui iPhone
Memperbarui iOS sebenarnya merupakan langkah penting untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Salah satu mitos tentang pembaruan sistem operasi adalah pembaruan itu membuat sistem menjadi lebih lambat; beberapa orang bahkan berpikir bahwa produsen melakukan ini dengan sengaja untuk mendorong membeli telepon baru!

Namun, rilis iOS terbaru sebenarnya dioptimalkan untuk kinerja pada perangkat lama. Selain itu, pembaruan melindungi ponsel dari kerentanan keamanan dan tentu saja masalah kinerja lainnya.

Untuk memeriksa pembaruan:

  1. Buka Settings aplikasi dan pergi ke General .
  2. Ketuk Software Update.
  3. Jika menemukan pembaruan. Silahkan di update.

Bersihkan Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang tersisa sedikit dapat menyebabkan segala macam masalah, termasuk sistem yang berjalan lemot. Langkah pertama agar ponsel lebih cepat adalah menghapus aplikasi yang tidak lagi gunakan.

Selain membersihkan tampilan layar, menghapus aplikasi kedaluwarsa memberi perangkat lebih banyak sumber daya untuk digunakan.

Pertama mulailah dengan menelusuri aplikasi yang ada di menu Settings > General > iPhone Storage. Hapus aplikasi yang sudah lama tidak gunakan, atau hapus file cache-nya.

Selain itu juga kamu dapat menghapus cache dari browser maupun foto-foto yang lama untuk membersihkan penyimpanan.

Update Aplikasi

Update aplikasi iphone

Pastikan aplikasi yang instal juga selalu di update; pengembang aplikasi terus meningkatkan kinerja atau memperbaiki bug secara teratur, sehingga berdampak positif pada kinerja secara keseluruhan.

Untuk memperbarui aplikasi, buka App Store aplikasi, navigasikan ke Updates dan perbarui semua yang ada disitu.

Secara default, iOS secara otomatis memperbarui semua aplikasi, tetapi luangkan waktu untuk konfirmasi fitur ini telah diaktifkan. Pergi ke Settings lalu ketuk iTunes & App Stores dan pastikan menu Updates dialihkan ke On .

Matikan aktivitas Background dan Notifikasi

Semakin banyak aplikasi terinstal, akan semakin lambat perangkat kamu dan semakin cepat baterai habis. Hal ini tentu tidak akan serta merta terjadi. Namun, setelah menginstal puluhan bahkan ratusan aplikasi, pasti akan terjadi penurunan performa secara signifikan.

Banyak aplikasi datang dengan berbagai macam bug dan juga selalu berjalan di ponsel meskipun tidak menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi akan selalu memeriksa pembaruan dan pemberitahuan di latar belakang, dan mungkin saja mengirim data guna melacak penggunaan ponsel.

Pastikan hanya menginstal aplikasi saat benar-benar menggunakannya. Setelah memilah pilihan ke aplikasi yang penting, kamu juga harus membatasi aktivitas latar belakangnya. Atur aplikasi untuk tidak mengunduh secara otomatis di latar belakang. Dan ubah pengaturan aplikasi agar tidak disegarkan kecuali saat dibuka.

Memang ini menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi ini membuat kita memang kendali setiap proses yang dijalankan aplikasi tersebut. Tidak ada masalah dengan membuka aplikasi dan menunggu sekitar satu detik untuk menyegarkan, terutama saat melakukannya untuk menghemat masa pakai baterai dan meningkatkan kinerja iPhone.

Matikan Notifikasi

Matikan Notifikasi iPhone

Saya menemukan bahwa hanya sedikit notifikasi yang benar-benar berguna dan penting. Sisanya adalah gangguan dan menyebabkan baterai dan kinerja terkuras.

  1. Untuk mematikan notifikasi yang tidak perlu, buka Settings dan pergi ke Notifications .
  2. Buka daftar aplikasi. Silahkan mematikan notifikasi aplikasi tersebut.

Matikan aktivitas latar belakang

Matikan aktivitas latar belakang iPhone

  1. Buka Settings aplikasi. Pergi ke General lalu Background App Refresh .
  2. Nanti muncul dua pilihan. Pertama, mematikan semua aktivitas latar belakang. Kamu juga dapat menonaktifkan aktivitas latar belakang untuk aplikasi satu per satu.
  3. Pilih aplikasi yang jarang digunakan, atau aplikasi yang tidak perlu disegarkan di latar belakang.

Nonaktifkan layanan lokasi

GPS iPhone terus melacak lokasi saat yang berguna untuk aplikasi seperti Google Maps, Find My Friends, dan Yelp. Mematikan layanan lokasi GPS lebih merupakan pengurasan baterai daripada perbaikan kinerja, tetapi hal itu akan menghemat beberapa siklus pemrosesan yang sia-sia pada iPhone.

  1. Buka Settings aplikasi. Navigasi ke Privacy dan pilih Location Services.
  2. Anda dapat mematikan Location services untuk semua aplikasi, tetapi saya tidak menyarankan itu kecuali tidak pernah menggunakan GPS.
  3. Atau, matikan pelacakan lokasi secara individual. Misalnya, mematikan layanan lokasi untuk semua aplikasi kecuali beberapa aplikasi tertentu seperti Gojek dan Google Maps. Ini akan memiliki dampak yang signifikan pada masa pakai baterai.

Nonaktifkan Animasi

Animasi mewah dan efek transisi tentu bagus untuk dilihat, tetapi jika mencoba memaksa kinerja semaksimal mungkin dari iPhone yang lebih lama, ini akan menguras tenaga. Untuk peningkatan kecepatan, berikut cara menonaktifkan animasi dan efek visual lainnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan. Pergi ke General lalu Accessibility.
  2. Tap sakelar di sebelah Reduce Motion untuk mematikan animasi yang ditampilkan saat kembali ke layar beranda dan beralih di antara aplikasi.
  3. Selanjutnya, ketuk Reduce Transparency dan atur ke Off untuk menonaktifkan semua transparansi buram yang mewah.

Jika dapat hidup dengan tampilan yang agak kurang menarik, mengharapkan pengalaman yang sedikit lebih cepat ini merupakan anugerah terutama pada ponsel yang sudah tua.

Restart iPhone

Terkadang tidak ada yang lebih menyegarkan daripada melakukan reboot. Ini membersihkan memori, mengakhiri semua aplikasi yang berjalan, dan umumnya meningkatkan kinerja iPhone. Berikut caranya:

  • Jika memiliki iPhone 8 atau lebih baru, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up.
  • Jika menggunakan iPhone 5, iPhone 6, atau iPhone 7, tahan tombol Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Anda juga dapat mematikan ponsel dengan cara standar, lalu menyalakannya kembali. Tahan Power , lalu geser penggeser ke kanan untuk mematikan ponsel. Tunggu beberapa detik hingga benar-benar mati, lalu tekan tombol Power tombol lagi.

Atau, dapat mematikan perangkat iOS melalui aplikasi Pengaturan. Pergi ke General dan gulir ke bawah sampai ke bawah, lalu ketuk Shut Down .

Leave a Reply

Your email address will not be published.